PEMROGRAMAN ( KOMPONEN STANDAR )
LAPORAN
LAPORAN
PRAKTIKUM
TEKNIK ANTARMUKA
PEMROGRAMAN
( KOMPONEN STANDAR )
A. Tujuan
·
Mahasiswa mampu menggunakan komponen
standar pada bahasa pemrograman Borland Delphi.
·
Mahasiswa mampu membuat aplikasi menggunakan
komponen standar pada bahasa pemrograman Borland Delphi.
B. Dasar Teori
Delphi
adalah sebuah Lingkungan pengembangan
terpadu (IDE) untuk mengembangkan aplikasi konsol,
desktop,
web,
ataupun perangkat mobile.
Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman
berorientasi objek (PBO/OOP)). Umumnya Delphi lebih banyak
digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop
dan enterprise
berbasis database,
tetapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga
mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software.
Komponen Dasar Program
Pascal
Pola
susun bahasa Pascal dibentuk dengan menggunakan komponen bahasa pemrograman
yang umum, yaitu :
1.
Simbol Dasar
2.
Reserved Word (kata pasti)
3.
Identifier (penyebut)
Untuk dapat membuat program aplikasi,
programmer harus meletakkan
komponen-komponen
yang diambil dari component palatte serta mengatur tata letak
komponen-komponen tersebut pada bagian form
designer.
1.
Meletakkan komponen pada form designer.
·
Untuk meletakkan komponen pada form
designer, klik sebuah komponen pada component palette, sebagai contoh pilih
komponen Edit.
·
Kemudian klik pada bagian form designer,
yaitu pada posisi dimana komponen tersebut akan diletakkan.
·
Setelah semua komponen diletakkan pada
form, langkah selanutnya yang harus dilakukan adalah mengganti properties dan
events dari komponen-komponen yang telah diletakkan pada form designer.
2.
Mengubah properties komponen
Properties komponen yang telah
diletakkan pada bagian form designer dapat diubah dengan menggunakan tab
properties pada jendela object inspector.
3.
Mengubah komponen Event
Event
dari komponen pada form designer dapat diubah dengan menggunakan tab event pada
jendela object inspector guna menangani kejadian-kejadian dari suatu komponen.
C. Alat dan Bahan
·
1 Set PC
·
Tool Pemrograman Borland Delphi
D. Langkah Kerja
1.
Buatlah program seperti berikut:
2.
Komponen/object yang digunakan dan
pengaturan propertiesnya adalah:
Komponen
|
Properti
|
Nilai Properti
|
Form1
|
Caption
|
Program
Matematika
|
Label1
|
Caption
|
Angka1
|
Label2
|
Caption
|
Angka2
|
Label3
|
Caption
|
Hasil
|
Label4
|
Caption
|
Merah
|
Label5
|
Caption
|
Biru
|
Label6
|
Caption
|
Hijau
|
Button1
|
Name
|
BtJumlah
|
Caption
|
Jumlah
|
|
Button2
|
Name
|
BtKurang
|
Caption
|
Kurang
|
|
Button3
|
Name
|
BtKali
|
Caption
|
Kali
|
|
Button4
|
Name
|
BtBagi
|
Caption
|
Bagi
|
|
Panel1
|
Caption
|
Kosongkan
|
Panel2
|
Caption
|
Kosongkan
|
Bevelinner
|
BvLowered
|
|
BevelWidth
|
2
|
|
BorderStyle
|
BsSingle
|
|
BorderWidth
|
2
|
|
Edit1
|
Name
|
EdAng1
|
Edit2
|
Name
|
EdAng2
|
Edit3
|
Name
|
EdHasil
|
3.
Masukkan perintah pada kejadian/event di
setiap komponen di bawah ini.
Nama
Komponen
|
Event
|
Perintah
|
BtJumlah
|
OnClick
|
procedure
TForm1.btJumlahClick(Sender:
TObject);
var a,b :
integer;
begin
a :=
StrToInt(edAng1.Text);
b :=
StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text
:= IntToStr(a + b);
end;
|
BtKurang
|
OnClick
|
procedure
TForm1.btKurangClick(Sender:
TObject);
var a,b :
integer;
begin
a :=
StrToInt(edAng1.Text);
b :=
StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text
:= IntToStr(a - b);
end;
|
BtKali
|
OnClick
|
procedure
TForm1.btKaliClick(Sender:
TObject);
var a,b :
integer;
begin
a :=
StrToInt(edAng1.Text);
b :=
StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text
:= IntToStr(a * b);
end;
|
BtBagi
|
OnClick
|
procedure
TForm1.btBagiClick(Sender:
TObject);
var a,b :
integer;
begin
a :=
StrToInt(edAng1.Text);
b :=
StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text
:= FloatToStr(a / b);
end;
|
Label4
|
OnMouseMove
|
procedure
TForm1.LMerahMouseMove(Sender:
TObject;
Shift: TShiftState; X,Y: Integer);
begin
Form1.Color
:= clRed;
end;
|
Label5
|
OnMouseMove
|
procedure
TForm1.LBiruMouseMove(Sender:
TObject;
Shift:
TShiftState; X,Y: Integer);
begin
Form1.Color
:= clBlue;
end;
|
Label6
|
OnMouseMove
|
procedure
TForm1.LHijauMouseMove(Sender:
TObject;
Shift: TShiftState; X,Y: Integer);
begin
Form1.Color
:= clGreen;
end;
|
4.
Simpan semua file dpr dan unit kemudian
jalankan program, masukkan nilai 36 pada angka 1 dan nilai 9 pada angka 2.
5.
Tekan tombol jumlah, amati nilai yang
ditampilkan pada bagian hasil.
6.
Tekan tombol kurang, amati nilai yang
ditampilkan pada bagian hasil.
7.
Tekan tombol kali, amati nilai yang
ditampilkan pada bagian hasil.
8.
Tekan tombol bagi, amati nilai yang
ditampilkan pada bagian hasil.
9.
Ulangi langkah 4-7 sesuai dengan tabel 1.
Tabel 1. Data Hasil Pengujian
No
|
Nilai 1
|
Nilai 2
|
Hasil
|
|||
Jumlah
|
Kurang
|
Kali
|
Bagi
|
|||
1
|
36
|
9
|
||||
2
|
45
|
5
|
||||
3
|
56
|
8
|
||||
4
|
35
|
7
|
||||
5
|
40
|
4
|
||||
6
|
51
|
3
|
10. Arahkan
mouse di atas label merah, amati apa yang terjadi
11. Arahkan
mouse di atas label biru, amati apa yang terjadi
12. Arahkan
mouse di atas label hijau, amati apa yang terjadi
E. Hasil dan Pembahasan
1. Tabel
1. Data Hasil Pengujian
No
|
Nilai 1
|
Nilai 2
|
Hasil
|
|||
Jumlah
|
Kurang
|
Kali
|
Bagi
|
|||
1
|
36
|
9
|
45
|
27
|
324
|
4
|
2
|
45
|
5
|
50
|
40
|
225
|
9
|
3
|
56
|
8
|
64
|
48
|
448
|
7
|
4
|
35
|
7
|
42
|
28
|
245
|
5
|
5
|
40
|
4
|
44
|
36
|
160
|
10
|
6
|
51
|
3
|
54
|
48
|
153
|
7
|
2. Kode
Program
-
Untuk
Bilangan Bulat
procedure
TForm1.btJumlahClick(Sender:TObject);
var a,b :
integer;
begin
a :=
StrToInt(edAng1.Text);
b :=
StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text
:= IntToStr(a + b);
end;
procedure
TForm1.btKurangClick(Sender:TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a - b);
end;
procedure TForm1.btKaliClick(Sender:TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a * b);
end;
procedure TForm1.btBagiClick(Sender:TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := FloatToStr(a / b);
end;
-
Latihan
Dengan Bilangan Pecahan
procedure TForm1.btJumlahClick(Sender: TObject);
var a,b : double;
begin
a :=
StrToFloat(edAng1.Text);
b :=
StrFloat(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a + b);
end;
procedure TForm1.btKurangClick(Sender:TObject);
var a,b : double;
begin
a := StrToFloat(edAng1.Text);
b := StrToFloat(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a - b);
end;
procedure TForm1.btKaliClick(Sender:TObject);
var a,b : double;
begin
a := StrToFloat(edAng1.Text);
b := StrToFloat(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a * b);
end;
procedure TForm1.btBagiClick(Sender:TObject);
var a,b : double;
begin
a := StrToFloat(edAng1.Text);
b := StrToFloat(edAng2.Text);
edHasil.Text := FloatToStr(a / b);
end;
3. Gambar
Program
Ø Untuk Bilangan Bulat
-
Gambar Program Penjumlahan
-
Gambar Program Pengurangan
-
Gambar Program Perkalian
-
Gambar Program Pembagian
Ø Untuk Bilangan
Pecahan
-
Gambar Program
Penjumlahan
-
Gambar Program
Pengurangan
-
Gambar Program
Perkalian
-
Gambar Program
Pembagian
F. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat saya ambil
dari percobaan tersebut adalah:
-
Beberapa
aturan dalam program Pascal :
1.
Akhir sebuah
program Pascal ditandai dengan tanda baca titik (.) setelah END yang
paling akhir.
2.
Tanda titik
koma (;) merupakan pemisah antar instruksi satu dengan lainnya.
3.
Beberapa
statement boleh ditulis menjadi satu baris dipisahkan dengan tanda baca titk
koma (;)
4.
Baris komentar
diletakkan diantara tanda (* dan *) atau diantara tanda { dan }
-
Apabila mouse di arahkan di atas label
yang berwarna, maka tampilan gambar program akan berwarna sesuai dengan warna
label yang diinginkan.
-
Kode program yang digunakan untuk
bilangan desimal dan pecahan berbeda. Apabila angka yang dimasukkan adalah
bilangan pecahan, maka pada variabel (var) yang sebelumnya integer diganti
dengan "double" dan Instruksi StsToInt diganti dengan StrToFloat.
G. Daftar Rujukan
Putri,
Tara Eka. 2012. Struktur dan Komponen
Dasar Program Pascal. (http://taraekaputri21.blogspot.com/2012/10/struktur-dan-komponen-dasar-program.html),
diakses 21 Oktober 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar