Jumat, 25 April 2014

PEMROGRAMAN ( KOMPONEN STANDAR )

LAPORAN
PRAKTIKUM TEKNIK ANTARMUKA
PEMROGRAMAN ( KOMPONEN STANDAR )

A.    Tujuan
·         Mahasiswa mampu menggunakan komponen standar pada bahasa pemrograman Borland Delphi.
·         Mahasiswa mampu membuat aplikasi menggunakan komponen standar pada bahasa pemrograman Borland Delphi.

B.     Dasar Teori
Delphi adalah sebuah Lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk mengembangkan aplikasi konsol, desktop, web, ataupun perangkat mobile. Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)). Umumnya Delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop dan enterprise berbasis database, tetapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software.

Komponen Dasar Program Pascal
Pola susun bahasa Pascal dibentuk dengan menggunakan komponen bahasa pemrograman yang umum, yaitu :
1.      Simbol Dasar
2.      Reserved Word (kata pasti)
3.      Identifier (penyebut)

Untuk dapat membuat program aplikasi, programmer harus meletakkan
komponen-komponen yang diambil dari component palatte serta mengatur tata letak
komponen-komponen tersebut pada bagian form designer.
1.      Meletakkan komponen pada form designer.
·         Untuk meletakkan komponen pada form designer, klik sebuah komponen pada component palette, sebagai contoh pilih komponen Edit.


·         Kemudian klik pada bagian form designer, yaitu pada posisi dimana komponen tersebut akan diletakkan.


·         Setelah semua komponen diletakkan pada form, langkah selanutnya yang harus dilakukan adalah mengganti properties dan events dari komponen-komponen yang telah diletakkan pada form designer.

2.      Mengubah properties komponen
Properties komponen yang telah diletakkan pada bagian form designer dapat diubah dengan menggunakan tab properties pada jendela object inspector.



3.      Mengubah komponen Event
Event dari komponen pada form designer dapat diubah dengan menggunakan tab event pada jendela object inspector guna menangani kejadian-kejadian dari suatu komponen.


C.    Alat dan Bahan
·         1 Set PC
·         Tool Pemrograman Borland Delphi

D.    Langkah Kerja
1.      Buatlah program seperti berikut:


2.      Komponen/object yang digunakan dan pengaturan propertiesnya adalah:

Komponen
Properti
         Nilai Properti
Form1
Caption
Program Matematika
Label1
Caption
Angka1
Label2
Caption
Angka2
Label3
Caption
Hasil
Label4
Caption
Merah
Label5
Caption
Biru
Label6
Caption
Hijau
Button1
Name
BtJumlah
Caption
Jumlah
Button2
Name
BtKurang
Caption
Kurang
Button3
Name
BtKali
Caption
Kali
Button4
Name
BtBagi
Caption
Bagi
Panel1
Caption
Kosongkan
Panel2
Caption
Kosongkan
Bevelinner
BvLowered
BevelWidth
2
BorderStyle
BsSingle
BorderWidth
2
Edit1
Name
EdAng1
Edit2
Name
EdAng2
Edit3
Name
EdHasil

3.      Masukkan perintah pada kejadian/event di setiap komponen di bawah ini.

Nama Komponen
Event
Perintah
BtJumlah
OnClick
procedure TForm1.btJumlahClick(Sender:
TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a + b);
end;
BtKurang
OnClick
procedure TForm1.btKurangClick(Sender:
TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a - b);
end;
BtKali
OnClick
procedure TForm1.btKaliClick(Sender:
TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a * b);
end;
BtBagi
OnClick
procedure TForm1.btBagiClick(Sender:
TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := FloatToStr(a / b);
end;
Label4
OnMouseMove
procedure TForm1.LMerahMouseMove(Sender:
TObject; Shift: TShiftState; X,Y: Integer);
begin
Form1.Color := clRed;
end;
Label5
OnMouseMove
procedure TForm1.LBiruMouseMove(Sender:
TObject;
Shift: TShiftState; X,Y: Integer);
begin
Form1.Color := clBlue;
end;
Label6
OnMouseMove
procedure TForm1.LHijauMouseMove(Sender:
TObject; Shift: TShiftState; X,Y: Integer);
begin
Form1.Color := clGreen;
end;

4.      Simpan semua file dpr dan unit kemudian jalankan program, masukkan nilai 36 pada angka 1 dan nilai 9 pada angka 2.
5.      Tekan tombol jumlah, amati nilai yang ditampilkan pada bagian hasil.
6.      Tekan tombol kurang, amati nilai yang ditampilkan pada bagian hasil.
7.      Tekan tombol kali, amati nilai yang ditampilkan pada bagian hasil.
8.      Tekan tombol bagi, amati nilai yang ditampilkan pada bagian hasil.
9.      Ulangi langkah 4-7 sesuai dengan tabel 1.



Tabel 1. Data Hasil Pengujian
No
Nilai 1
Nilai 2
Hasil
Jumlah
Kurang
Kali
Bagi
1
36
9




2
45
5




3
56
8




4
35
7




5
40
4




6
51
3





10.  Arahkan mouse di atas label merah, amati apa yang terjadi
11.  Arahkan mouse di atas label biru, amati apa yang terjadi
12.  Arahkan mouse di atas label hijau, amati apa yang terjadi

E.     Hasil dan Pembahasan

1.      Tabel 1. Data Hasil Pengujian
No
Nilai 1
Nilai 2
Hasil
Jumlah
Kurang
Kali
Bagi
1
36
9
45
27
324
4
2
45
5
50
40
225
9
3
56
8
64
48
448
7
4
35
7
42
28
245
5
5
40
4
44
36
160
10
6
51
3
54
48
153
7

2.      Kode Program
-          Untuk Bilangan Bulat
procedure TForm1.btJumlahClick(Sender:TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a + b);
end;
procedure TForm1.btKurangClick(Sender:TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a - b);
end;
procedure TForm1.btKaliClick(Sender:TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a * b);
end;
procedure TForm1.btBagiClick(Sender:TObject);
var a,b : integer;
begin
a := StrToInt(edAng1.Text);
b := StrToInt(edAng2.Text);
edHasil.Text := FloatToStr(a / b);
end;
-          Latihan Dengan Bilangan Pecahan
procedure TForm1.btJumlahClick(Sender: TObject);
var a,b : double;
begin
 a := StrToFloat(edAng1.Text);
 b := StrFloat(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a + b);
end;
procedure TForm1.btKurangClick(Sender:TObject);
var a,b : double;
begin
a := StrToFloat(edAng1.Text);
b := StrToFloat(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a - b);
end;
procedure TForm1.btKaliClick(Sender:TObject);
var a,b : double;
begin
a := StrToFloat(edAng1.Text);
b := StrToFloat(edAng2.Text);
edHasil.Text := IntToStr(a * b);
end;
procedure TForm1.btBagiClick(Sender:TObject);
var a,b : double;
begin
a := StrToFloat(edAng1.Text);
b := StrToFloat(edAng2.Text);
edHasil.Text := FloatToStr(a / b);
end;

3.      Gambar Program
Ø  Untuk Bilangan Bulat
-          Gambar Program Penjumlahan



-          Gambar Program Pengurangan


-          Gambar Program Perkalian


-          Gambar Program Pembagian
Ø  Untuk Bilangan Pecahan
-          Gambar Program Penjumlahan


-          Gambar Program Pengurangan

-          Gambar Program Perkalian


-          Gambar Program Pembagian


F.     Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari percobaan tersebut adalah:
-          Beberapa aturan dalam program Pascal :
1.        Akhir sebuah program Pascal ditandai dengan tanda baca titik (.) setelah END yang  paling akhir.
2.        Tanda titik koma (;) merupakan pemisah antar instruksi satu dengan lainnya.
3.        Beberapa statement boleh ditulis menjadi satu baris dipisahkan dengan tanda baca titk koma (;)
4.        Baris komentar diletakkan diantara tanda (* dan *) atau diantara tanda { dan }
-          Apabila mouse di arahkan di atas label yang berwarna, maka tampilan gambar program akan berwarna sesuai dengan warna label yang diinginkan.
-          Kode program yang digunakan untuk bilangan desimal dan pecahan berbeda. Apabila angka yang dimasukkan adalah bilangan pecahan, maka pada variabel (var) yang sebelumnya integer diganti dengan "double" dan Instruksi StsToInt diganti dengan StrToFloat.

G.    Daftar Rujukan
Wikipedia.org. Embarcadero Delphi. (http://id.wikipedia.org/wiki/Embarcadero_Delphi).

Putri, Tara Eka. 2012. Struktur dan Komponen Dasar Program Pascal. (http://taraekaputri21.blogspot.com/2012/10/struktur-dan-komponen-dasar-program.html), diakses 21 Oktober 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar